Di sini boleh ngawur, ketawa, misuh, teriak dan sebagainya karena blog ini hanya TA-KAN-TAH. Takantah berarti tidak sungguhan, bisa fiktif belaka, namun blog ini nyata.

Sunday, September 4, 2016

Saat "Mahasiswa Kere" Bayar Makanan Seharga RP. 465 Ribu

Bro, sini tak kandani koen. Lek mahasiswa mangan di warteg seporsi harga 15000 dibilang istimewa, iku memang bener. Wong biasane mangan mie goreng tapi direbus ae wes mewah kok. Makanya pas dia makan di restoran kemudian saat bayar di kasir ternyata dia harus rogoh uang fastastis 465.000 (empat ratus enam puluh lima ribu) rupiah, percayalah mahasiswa itu pasti shok.

Cerita itu beneran terjadi padaku, Bro. Di hotel Kusuma Agro Wisata Batu, kami jumlah enam orang ingin ngisi perut. Sebenernya ini kumpulan para pewarta yang sedang ngeliput latihan tim sepak bola kebanggaan Madura. 

Saat itu kami pesan coffe (kopi), soup (sop) butut kuah, nasi goreng, mie goreng dan tempe mendoan. Di menu memang sudah tertera harga tiap makanan. Tapi karena sudah kadung manggil mas pelayan dan para undangan sudah pegang menu masing-masing, dan memang sudah niat untuk traktir, pemesanan tetap dilanjutaken. 

Selesai makan dan sebelum ke kasir, Masku waktu itu selaku "founding" di acara jamuan ini, menyuruhku ke atm dan menarik sejumlah nominal uang untuk antisipasi. Kemudian aku ke kasir untuk lemparkan uang ke wajah kasir. 

Saat itu karyawan pada ngilang. Di kasir ga ada yang jaga. Terpaksa aku cari, dan bagai main petak umpet, ketemulah mbak bahenol di dapur. Dia memakai seragam restaurant (restoran). Langsung saja kutanya, "Mbak, ini kasir ga dijaga ta?". Spontan simbak dan teman-teman tertawa. Namun sayang tawa itu lenyap seketika pas saya lihat tagihan. Dan demi melihat bekas tawa mbak kasir yang mempesona, kuurungkan niatku ngelempari dia dengan lembaran uang. Di sinilah aku pun percaya, senyum perempuan mampu meluluhkan-lantakkan keangkuhan lelaki. Bagaimanapun angkuhnya lelaki, tetap saja keangkuhannya luntur oleh senyum perempuan. Jika ternyata melihat senyum perempuan tetap saja angkuh, maka kemungkinan terbesar dia bukan lelaki atau yang tersenyun bukan perempuan asli.

Berikut Qty Description yang tertera di bon pembayaran:

1 porsi Mie Goreng Spesial (ga jauh beda ma mie goreng abang-abang depan kosan) = 48.000.

1 porsi Nasi Goreng Bakar ( Ini memang baru kulihat, nasi goreng terus dibakar. Gimana rasanya aku ga tahu) = 48.000

1 porsi Nasi Goreng Jawa (ini lagi. Mirip nasi goreng depan kampus) = 48000

3 porsi Soup Buntut Kuah (yang ini sesuai harga dibanding menu yang lainnya) = 198.000

3 mangkuk Regular Coffe = 75.000

Dan yang paling bikin aku shok ini, 

2 porsi Tempe Mendoan (isi 10 iris tempe goreng) = 48.000 (dibaca empat puluh delapan ribu). Wadduh, ini tempe di warteg pojoan per biji 500 rupiah. Jadi 10 iris seharusnya cukup bayar 5000 rupiah Bro. 

Total semua 465.000 rupiah. Tapi untung saja ada subsidi dari kantor sehingga keluar uang segitu tidak terlalu membebani dompet kami. Haha. Tapi tetap saja aku menyayangkan uang segitu buat jatah makanku di kosan bisa lebih 2 bulan, Broooo.

Huft. Setidaknya sesekali bisa makan makanan dengan harga melangit.

>>=== Semoga Anda berkenan ===>>

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak

Muktir Rahman

Muktir Rahman
Muktir adalah nama langka, tidak banyak yang memilikinya, di Negeri ini. Sulit diucapkan, sulit dihafal tapi tidak sulit dikenang.
TA KAN TAH. Powered by Blogger.

My Blog List

Labels