Di sini boleh ngawur, ketawa, misuh, teriak dan sebagainya karena blog ini hanya TA-KAN-TAH. Takantah berarti tidak sungguhan, bisa fiktif belaka, namun blog ini nyata.

Sunday, August 28, 2016

Rujak Cobek Prenduan

Rujak Madura merupakan makanan khas. Makanan ini wajib ada di daftar makan favorit saya (dan Anda). Terdiri dari;

1. ketupat/lontong
2. sayuran; mentimun, kangkung, toge, tomat, atau kacang panjang. Di setiap daerah bisa berbeda jenis sayuran yang digunakan karena memiliki khas masing-masing.
3. tahu goreng
4. kerupuk/kepeng/krepik tette, dan 

5. menjadi khas utama rujak yaitu ulekan kacang + petis Madura.

6. Bisa ditambah cabe sesuai sensasi pedas yang diinginkan.

Pada umumnya rujak disajikan di piring, namun ada yang beda pada rujak khas Prenduan Sumenep. Berlokasi di pasar Prenduan, rujak khas ini dikenal dengan rujak cobek. 


Cobek (bahasa Madura) adalah wadah yang digunakan untuk ngulek bumbu rujak. Namun rujak cobek langsung disajikan di cobek itu sendiri.

Kuliner ini sebetulnya sudah diekspos beberapa media nasional sehingga dipastikan sudah tersebar penjuru negeri Indonesia. Saya menuliskan ini sebetulnya hanya ingin bilang saya juga sudah makan rujak cobek khas Prenduan. :-D

Lagian lokasinya tidak jauh dari kampungku kok. Jadi jika Anda ingin ke Prenduan untuk menikmati rujak cobek, bisa sekalian mampir ke kampung kelahiranku.

>>=== Semoga Anda berkenan ===>>

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah meninggalkan jejak

Muktir Rahman

Muktir Rahman
Muktir adalah nama langka, tidak banyak yang memilikinya, di Negeri ini. Sulit diucapkan, sulit dihafal tapi tidak sulit dikenang.
TA KAN TAH. Powered by Blogger.

My Blog List

Labels